Minggu, 13 Agustus 2017

Sop Ayam Ala Pak Min Klaten

Padahal belum pernah makan sop ayam pak min klaten. Wkwkwk. Tapi dari sember-sumber resepnya, katanya ini ala ala pak min klaten. Setuju aja lah ya. Kata mamak juga mirip. *yeah*

Sudah 3 hari mamak sakit. hari ini mamak request bikin sop ayam kampung biar makannya semangat. Kandungan kaldu ayam di sop ayam juga bagus buat mempercepat proses pemulihan karna kaldu ayam bisa melancarkan peredaran darah dan kandungan proteinnya juga bagus. Semoga abis ini mamak sehat lagi.

Menurut aku sop ayam yang enak dan seger itu kuncinya ada di kaldu ayam nya. Mulai lah aku googling cara bikin kaldu ayam yang enak gimana karena aku belom pernah bikin kaldu ayam. Wkwkwk. Aku main dibeberapa blog, yang aku tangkep prinsip bikin kaldu yang enak bening dan seger itu ada di proses masaknya yaitu "slow cooking process". Masaknya pake api keciiiilll dan lama (kurleb 1-4jam). Kalau apinya kegedean nanti hasil kaldunya ga jernih. Lama? Ngga kok. kalo udah di dapur 1 jam itu ga akan berasa. Lets ceki ceki resepnya. Ini resep hasil adopsi dari jtt, mba diahdidi, nandangwuyung dan menyesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.


Bahan kaldu ayam :
-1 ekor ayam kampung
-1 batang seledri tanpa daun, ikat.
-1 bawang bombay, belah 4 bagian
-1 batang sereh, ikat
-5 siung bawang putih, geprek
-2 batang daun bawang tanpa daun, potong kurleb 3cm.
-air untuk merebus

Cara buat kaldu ayam :
-Bersihkan ayam, cabut bulunya, cuci hingga air cucian jernih. Kasih perasan jeruk nipis 2 buah diamkan.
- Blansir ayam : rebus air hingga mendidih, masukan ayam, rebus 1-2 menit. Inti perebusan ini buat rontokin lemak (apa kotoran ya?) aja bukan buat bikin ayam matang. Buang air rebusan. Terus kalo aku, ayamnya di cuci lagi biar kotoran yg udah rontok ga keikut. Wkwk kerajinan ga ya?
- Rebus air 2lt. Masukan ayam, seledri, sereh, dll sesuai bahan diatas. Rebus dengan api kecil selama 1 jam dengan panci tertutup.
-setelah 1 jam, aku keluarin batang-batang dan daun. Jadi tinggal ayam dan kaldunya. Penampilan kaldunya itu kuning, bening, bersih, tidak amis, dan wanginya bikin laffeer.

Bahan buat sop :
Bumbu halus :
-7 siung bawang putih
-1 1/2 sdt merica butiran (aku ganti lada)
-1/4 biji pala

Bumbu tambahan :
-2 cm jahe, kupas, geprek
-1 batang kayu manis (kurleb 5 cm)
-4 butir cengkeh (aku skip, karna gaada)
-minyak untuk menumis
-bawang goreng
-daun seledri

Cara buat sop:
1. Ulek bumbu halus.
2. Tumis bumbu halus, jahe, kayu manis, hingga harum dan matang.
3. Pindahkan bumbu yg sudah di tumis ke dalam kaldu.
4. Tambah garem gula sesuai selera. Test rasa.
5. Sajikan dengan taburan daun seledri dan bawang goreng.

**Boleh ditambah sayuran wortel, kentang dll.
Penampakan sop ayam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar