Senin, 21 Mei 2018

Tahu goreng khas aceh (?)

Halo Selamat Ramadhan! :D

Alhamdulillah kita masih ketemu sama bulan ramadhan di tahun ini. Ada satu hal yang sangat amat aku syukuri di ramadhan tahun ini, yaitu come back to kitchen. :")

Dua ramadhan aku lalui di tempat tidur dan tahun ini bisa nguprek nguprek lagi di dapur rasanya seneng banget. Bisa bantu-bantu mamake lagi meskipun masakan daku belom ada apa apanya ketimbang masakan mamake. Dan, yak! Mamake inyong juga happy banget anak wedoknya sudah berdaya. Tiap pagi dari kantor nge-WA, nanti sore buka puasanya pake ini ya, bikin ini, bikin itu, endesbreyy endesbreeyy. Hahaha. Sungguh ini bikin pusing, tapi menyenangkan. 💕💕💕

Doain ya semoga terus sehat, berdaya, dan bermanfaat. --Ciee-- dah kayak slogan di spanduk caleg belom? Wkwkwk.


Ramadhan tanpa target perubahan ke arah yang lebih baik rasanya sayang banget yah. Di tahun ini salah satu target ku pingin lebih bijak lagi dalam memilih makanan saat berbuka. Sebisa mungkin menghidari atau minimal mengurangi konsumsi gorengan dan keluarganya. Karena bapake dan mamake sudah masuk usia senja, aku jadi lebih semangat buat jaga mereka dari makanan-makanan yang ga baik, yang justru jadi sampah di pembuluh darahnya. Aku pingin mereka tetep bisa menikmati senja dengan nyaman. Aamiin.

Buat kamu yang punya semangat sama, semoga menu ini bisa jadi alternatif ya. Tentunya ini bukan menu sehat banget. Cuma ku pikir ini better lah ketimbang jajan gorengan di luar. Pastinya menu tahu goreng aceh ini bahan-bahannya sangat mudah di dapat.

Eh iyaaa. Aku sebenernya bingung, ini makanan dari aceh atau medan yak. Aku tau resep ini dari tante ani yang aseli orang aceh tapi di google pada bilang kalau tahu goreng ini dari medan(?)

Hmm baiklaah kita eksekusi saja. kebanyakan mikir asal-usul malah ga jadi masak. Hehe. Mohon pencerahan buat yang tau ini sebenernya khas aceh atau medan.

Bahan :
»Tauge sesuai selera
» Daun Selada (aku skip)
» Tahu putih kotak besar 1 buah
»Kacang tanah 1 genggam (kl kebanyakan nanti jadi ketoprak.hehe)
» Cabe rawit sesuai selera (aku pake 1 biji karna sekeluarga ga terlalu suka pedes)
»bawang putih 1 siung
»kecap manis 2 sendok makan.
» jeruk nipis 1 buah
» seledri secukupnya
»garam

Cara buat :
1. Potong tahu ukuran dadu, rendam sebentar dengan air garam, goreng hingga kuning kecoklatan.
2. Goreng kacang tanah hingga matang.
3. Haluskan kacang tanah bersama bawang putih, cabe rawit, dan garam.
4. Beri sedikit air.
5. Cuci bersih tauge, rebus sebentar dalam air mendidih. Hanya sebentar agar teksturnya tidak lembek.

Plating :
Tata tauge dan tahu goreng di atas piring saji, tuang sambel kacang di atasnya, tambahkan kecap manis, taburi daun seledri, aduk rata, sajikan.



Note : Khasnya orang sana, kalau masak toge akarnya dipetikkin satu-satu. Jadi bersih togenya. Tapi kalo males --kayak yang nulis-- yaudah gausa di petikin juga ndak apa apa. Hehehe.

Last, selamat mencoba man teman. Tetep semangat menghadirkan makanan baik dan sehat untuk orang orang tersayang.
Kalau ada yg mau kasih ide soal makanan buka puasa yang baik, sehat, dan ramah dompet, aku bahagiaaaa sekali. 😍😍😍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar